Minggu, 24 Agustus 2014

Q.S AL-Mu'minun ayat 12-14 tentang Manusia dan Tugasnya sebagai Khalifah Di Bumi


Q.S Al'Mu'minun ayat 12-14

     Surat ke 23 dari Al-Quran ini dinamakan Al Mu'Minun karena bagian permulaan menerangkan bagaimana seharusnya sifat-sifat orang mukmin yang menyebabkan keberuntungan mereka di akhirat dan kemenangan jiwa mereka di dunia. Nama Al-Mu'minun sendiri diambil dari salah satu kata yang terdapat dalam ayat pertama, yang artinya orang-orang yang beriman. Surah Al-Mu'Minun terdiri atas 118 ayat, dan termasuk golongan ssurat Makkiyah.
1. Lafal dan Terjemahan Surat Al-Mu'minun ayat 12-14
 2. Arti Perkata Surah Al-Mu'minun 12-14


3. Beberapa penerapan Ilmu Tajwid dalam Q.S. Al-Mu'minun 12-14


4. Kandungan ayat Q.S Al-Mu'minun ayat 12-14

a.     Allah swt. menciptakan manusia dari saripati tanah. artinya Allah swt. menciptakan manusia berasal dari seorang laki-laki dan perempuan, keduanya mengonsumsi makanan yang berasal dari tumbuhan dan hewan yang juga memperoleh makanan dari tanah. Sari pati makanan yang fimakan oleh kedua orang tua kita mejadi sperma dan sel telur.
b.     Hail pembuahan menjadi segumpal darah dan yang selanjutnya menjadi segumpal daging hingga tulang belulang yang dibungkus daging. sesudah itu, Allah menciptakan anggota-anggota badan dan menyusun menjadi makhluk yang berbentuk seorang bayi manusia.
c.     Air mani yang berasal dari saripati tanah, juga mengandung makna bahwa manusia pada akhirnnya akan kembali pada tempatnya semula, yaitu tanah. Tanah yang dimaksud adalah liang lahat. Artinya manusia berasal dari tanah, dan akan kembali tinggal meyatu dengan tanah.
5. Contoh perilaku yang Menggambarkan Q.S Al-Mu'minun Ayat 12-14
a.     Tidak Bersikap sombong, tetapi berperilaku sederhana dan rendah hati sesuai dengan asal mula kejadian manusia dari air mani
b.     Taat dan patuh terhadap semua perintah Allah dan menjauhi larangan-Nya.
c.     Bersikap adil, ramah dan penuh kasih sayang terhadap semua makhluk ciptaan Allah swt.
d.     Selalu bersyukur terhadap semua nikmat yang diberikan Allah Kepada Kita.
e.     Selalu berusaha membuat kemakmuran dan menjaga kelestarian lingkungan hidup.

=======
NOTICE
=======

2 komentar: